Kamis, 21 Mei 2015

PENTINGNYA SEBUAH TANGGUNG JAWAB

Tanggung jawab adalah sifat terpuji yang mendasar di dalam diri setiap manusia. Selaras dengan fitrah. Tetapi bisa tergeser oleh faktor eksternal. Setiap individu memiliki sifat ini. Ia akan semakin tanggung jawab bila kepribadian orang itu semakin baik, Hal itu akan selalu ada dalam diri manusia, karena pada dasarnya setiap insan manusia tidak terlepas dari kehidupan di sekitarnya yang menuntut kepedulian dan tanggung jawab. Inilah yang menyebabkan rasa tanggung jawab masing-masing individu berbeda.

Hasil gambar untuk tanggung jawab

Tanggung jawab mempunyai kaitan yang sangat erat dengan perasaan seseorang. Maksudnya adalah perasaan hati nurani kita, yang mempunyai pengaruh besar dalam mengarahkan sikap kita menuju hal
positif. Rasullullah bersabda: "Mintalah petunjuk pada hati (nurani) mu".

Tanggung jawab bisa dikelompokkan dalam dua hal yaitu:

1. Tanggung jawab individu terhadap dirinya pribadi.
Contohnya ia harus bertanggung jawab terhadap akal(pikiran)nya, ilmu, raga, harta, waktu, dan kehidupannya secara umum. Rasulullah bersabda: "Bani Adam tidak akan lepas dari empat pertanyaan (pada hari kiamat nanti); Tentang umur, untuk apa ia habiskan; Tentang masa muda, bagaimana ia pergunakan; Tentang harta, dari mana ia peroleh dan untuk apa ia gunakan; Tentang ilmu, untuk apa ia amalkan."

2. Tanggung jawab manusia kepada orang lain dan lingkungan (sosial) di mana ia hidup.
Kita ketahui bersama bahwa manusia adalah makhluk yang membutuhkan orang lain (makhluk sosial) dalam hidupnya untuk pengembangan dirinya. Dengan kata lain, setiap manusia mempunyai tanggung jawab terhadap lingkungan sosialnya. Salah satunya adakah kewajiban. Kewajiban sangat erat kaitannya dengan eksistensi seseorang sebagai bagian dari masyarakat. Kita sadar bahwa kalau kita tidak melaksanakan tanggung jawab terhadap orang lain, tidak pantas bagi kita menuntut orang lain untuk bertanggung jawab pada kita.

Sebagai contoh saya menemukan sebuah cerita yang berjudul "THE KEY". The key adalah sebuah cerita yang menceritakan tentang seseorang yang harus bertanggung jawab terhadap sesuatu. Dion adalah karakter utama dalam cerita ini. Dion adalah seorang mahasiswa, ia tinggal hanya berdua dengan ibunya. Pada waktu itu Dion pergi untuk kuliah dan memegang kunci rumah. Kunci rumah itu ia bawa sampai ke kampusnya. Sesampainya di kampus Dion di telepon oleh ibunya dan menanyakan Dion berada dimana sekarang. Dion pun menjawab pertanyaan sang ibu bahwa ia sedang berada di kampus. Setelah itu ibunya berbicara padanya agar ia secepatnya pulang karena ada berkas pekerjaan ibunya tertinggal di rumah. Dion harus bertanggung jawab memberikan kunci rumah tersebut kepada ibunya. Dion pun langsung bergegas pulang kerumah. Pada saat dijalan Dion memainkan kunci rumahnya dan tanpa sengaja kunci tersebut terjatuh. Dion bingung karena kuncinya terjatuh dan akhirnya ia putuskan untuk mencari kunci itu sampai ketemu. Tak lama kemudian kunci itu ditemukan dan Dion pun merasa sangat lega. Sesampainya dirumah Dion memberikan kunci tersebut pada ibunya tetapi ibunya menyuruh Dion untuk membukakan pintu. Ternyata pintu tersebut sangat susah dibuka. Akhirnya tanpa disengaja kunci pintu itu patah. Dion sangat merasa bersalah pada ibunya karena sudah mematahkan kunci rumahnya. Dari cerita The key ini kita dapat mengambil nilai positif betapa pentingnya tanggung jawab itu. Jika kita diberikan sebuah tanggung jawab oleh seseorang haruslah kita dapat menjaganya dan tidak bermain-main dengan sesuatu yang menjadi tanggung jawab kita itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar